Selasa, 30 Juli 2013

AKUNTANSI SYARIAH ( BAB III-1 PERAN LEMBAGA INTERNASIONAL DI DALAM SYARIAH)


III. 1    PERAN LEMBAGA INTERNASIONAL DI DALAM SYARIAH         

Lembaga-Lembaga Pendukung Bank Syariah Di Tingkat Internasional

1. Islamic Development Bank (IDB)
Merupakan sebuah lembaga keuangan international yang didirikan berdasarkan deklarasi hasil konferensi menteri-menteri muslim dijedah bulan desember 1973.  

2. Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution    (AAOIFI) Merupakan lembaga internasinal yang bersifat otonom dan non profit yang menyiapkan berbagai akuntansi, audit, tata kelola (governance), etika dan syariah bagi lembaga2 keuangan islam.

3. international Islamic Financil Market (IIFM)
Merupakan lembaga internasional yang didirikan untuk mengembangkan pasar modal dan pasar uang syariah secara global dan selanjutnya diharap dapat mengembangkan pasar sekunder untuk instrumen keuangan syariah global. fokus bidang garap IIFM saat ini adalah:
 Standarisasi pasar primer dan sekunder syariah terkait dengan
kontrak dan produk.
 Pengembangn instrumen kepatuhan syariah dalam system manajemen likuiditas dan perdagangan internasional yang meliputi infrastruktur perdagangan, clearing dan seatlement.
 Melakukan riset dan pengembangan dalam pasar modal dan pasar uang jangka pendek.

4. islamic Financial Services Board (IFSB)
Merupakan lembaga internasional penyusun standar bagi lembaga pengatur dan pengawas yang memilki kepentingan dalam mendorong stabilitas dan kemajuan industri jasa keuangan syariah meliputi perbankan, pasar modal dan asuransi.

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
W E L C O M E